--> Skip to main content

Dewasa bukan masalah umur

Benarkah dewasa itu tua? Dan tua, sudah pasti dewasa?

Pertanyaan yang menjadi perbincangan sengit di chat Whatsaap. Tentunya dengan argumentasi yang saling mendukung setiap pilihan.

Bukannya saya kalah, lantas menuliskan isi hati di blog saya tapi hanya ingin mendewasakan pemikirannya dengan membaca tulisan saya.

Menurut saya, dalam menentukan kedewasaan tidak hanya dapat dilihat dari segi usia, namun juga dari berbagai hal. Misalnya sikap/perilaku, pengetahuan, pengalaman, dsb.

Menilai seseorang sudah tua atau belum masyarakat biasanya pertama kali menilai dari penampilan fisik (kulit keriput, badan melar, rambut beruban, jalan sudah tidak tegap, dll). Kemudian dari segi umur, ini pun bagi yang mengetahuinya.

Ada anak muda yang dewasa dan ada orang tua yang belum dewasa. Jadi, pada dasarnya tua adalah tentang usia, tentang fisik dan dominan lahiriah. Sedangkan dewasa adalah tentang pemikiran, perilaku/sikap, dan hal-hal yang bersifat batiniah yang kemudian diwujudkan dalam tindakan. Menjadi tua bukan berarti menjadi dewasa.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar