--> Skip to main content

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah        : SD NEGERI 1 GOMBONG
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester         : IV/I
StandarKompetensi     : 3.2   Menguraikan     teks     instruksi    tentang
pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia  lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Alokasi Waktu        : 4 jam pelajaran
Life Skill        : Berbicara dengan memberikan penjelasan secara tepat

Indikator:
    Menjabarkan isi teks instruksi tentang pemeliharaan pancaindera secara tepat
    Menjelaskan penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan baku.

I.    Tujuan pembelajaran :
Setelah mengikuti proses belajar mengajar, siswa dapat:
1)    Siswa dapat mengerti cara memelihara pancaindera secara tepat
2)    Siswa dapat menerapkan pemeliharaan pancaindera dalam kehidupan sehari-hari
3)    Siswa dapat memahami cara menggunakan alat teknologi modern dan tradisional
4)    Siswa dapat menerapkan penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dalam kehidupan sehari-hari
5)    Siswa dapat menggunakan lafal baku bahasa Indonesia dengan tepat
6)    Siswa dapat membedakan lafal bahasa Indonesia baku dan nonbaku


II.    Materi Pembelajaran :
    Pancaindera manusia
    Alat teknologi modern dan tradional
    Konsep lafal bahasa Indonesia baku

III.    Metode Pembelajaran :
Games, tanya jawab, penugasan, demonstrasi, belajar mandiri

IV.    Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
1)    Salam, berdoa, persensi
2)    Games dan tanya jawab disertai penjelasan guru tentang pentingnya memelihara pancaindera dan mengetahui macam alat teknologi modern dan tradisonal serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baku secara tepat.
b. Kegiatan inti
Eksplorasi :
1)    Setiap siswa mengamati dan memahami macam-macam indera
2)    Setiap siswa mengerti berbagai macam alat teknologi modern dan tradisonal
3)    Siswa mempraktikkan cara memelihara pancaindera
4)    Siswa mampu menggunakan alat teknologi modern dan tradisional
Elaborasi :
1)    Siswa mengidentifikasi masing-masing pancaindera manusia
2)    Siswa mengidentifikasi alat teknologi modern dan tradisional
3)    Siswa mencermati lafal baku dalam bahasa Indonesia yang tepat
4)     Siswa bertanya jawab dengan guru mengenai pancaindera, teknologi dan lafal baku bahasa Indonesia.
5)    Siswa mencermati pelafalan kata-kata dan menunjukkan ejaan yang baku.
6)    Siswa mengerjakan evaluasi
Konfirmasi :
1)    Tanya jawab tentang kesulitan siswa

V.    Sumber Belajar :
a. Modul Bahasa Indonesia
b. Narasumber
c. Kamus Bahasa Indonesia

VI.    Penilaian :
a. Teknik         : Tertulis, lisan/perbuatan, penilaian proses
b. Bentuk         : Pilihan ganda, esai
c. Instrumen     : Soal            : di dalam Buku Evaluasi (terlampir)
                               Kunci Jawaban    : di dalam Buku Kunci (terlampir)
                               Pedoman Penilaiaan    : terlampir

Mengetahui
Kepala Sekolah



Caca Olivia, S.Pd.
        NIP    Gombong, 19 April 2013
Guru Mata Pelajaran:



Cica Virgiza, S.Pd.
       NIP

               
Lampiran :

PEDOMAN PENILAIAN
NO SOAL    SKOR MAKSIMAL TIAP SOAL    SKOR TOTAL MAKSIMAL
A.    1-30    1    30
B.    1-10    5    50
       
       
       
       
Jumlah Skor Maksimal    80

Nilai Akhir Maksimal = (80 x 2) : 16 = 10
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar