CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(RPP)
Sekolah : SD NEGERI 1 GOMBONG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : IV/I
StandarKompetensi : 3.2 Menguraikan teks instruksi tentang
pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Life Skill : Berbicara dengan memberikan penjelasan secara tepat
Indikator:
Menjabarkan isi teks instruksi tentang pemeliharaan pancaindera secara tepat
Menjelaskan penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan baku.
I. Tujuan pembelajaran :
Setelah mengikuti proses belajar mengajar, siswa dapat:
1) Siswa dapat mengerti cara memelihara pancaindera secara tepat
2) Siswa dapat menerapkan pemeliharaan pancaindera dalam kehidupan sehari-hari
3) Siswa dapat memahami cara menggunakan alat teknologi modern dan tradisional
4) Siswa dapat menerapkan penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dalam kehidupan sehari-hari
5) Siswa dapat menggunakan lafal baku bahasa Indonesia dengan tepat
6) Siswa dapat membedakan lafal bahasa Indonesia baku dan nonbaku
II. Materi Pembelajaran :
Pancaindera manusia
Alat teknologi modern dan tradional
Konsep lafal bahasa Indonesia baku
III. Metode Pembelajaran :
Games, tanya jawab, penugasan, demonstrasi, belajar mandiri
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
1) Salam, berdoa, persensi
2) Games dan tanya jawab disertai penjelasan guru tentang pentingnya memelihara pancaindera dan mengetahui macam alat teknologi modern dan tradisonal serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baku secara tepat.
b. Kegiatan inti
Eksplorasi :
1) Setiap siswa mengamati dan memahami macam-macam indera
2) Setiap siswa mengerti berbagai macam alat teknologi modern dan tradisonal
3) Siswa mempraktikkan cara memelihara pancaindera
4) Siswa mampu menggunakan alat teknologi modern dan tradisional
Elaborasi :
1) Siswa mengidentifikasi masing-masing pancaindera manusia
2) Siswa mengidentifikasi alat teknologi modern dan tradisional
3) Siswa mencermati lafal baku dalam bahasa Indonesia yang tepat
4) Siswa bertanya jawab dengan guru mengenai pancaindera, teknologi dan lafal baku bahasa Indonesia.
5) Siswa mencermati pelafalan kata-kata dan menunjukkan ejaan yang baku.
6) Siswa mengerjakan evaluasi
Konfirmasi :
1) Tanya jawab tentang kesulitan siswa
V. Sumber Belajar :
a. Modul Bahasa Indonesia
b. Narasumber
c. Kamus Bahasa Indonesia
VI. Penilaian :
a. Teknik : Tertulis, lisan/perbuatan, penilaian proses
b. Bentuk : Pilihan ganda, esai
c. Instrumen : Soal : di dalam Buku Evaluasi (terlampir)
Kunci Jawaban : di dalam Buku Kunci (terlampir)
Pedoman Penilaiaan : terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah
Caca Olivia, S.Pd.
NIP Gombong, 19 April 2013
Guru Mata Pelajaran:
Cica Virgiza, S.Pd.
NIP
Lampiran :
PEDOMAN PENILAIAN
NO SOAL SKOR MAKSIMAL TIAP SOAL SKOR TOTAL MAKSIMAL
A. 1-30 1 30
B. 1-10 5 50
Jumlah Skor Maksimal 80
Nilai Akhir Maksimal = (80 x 2) : 16 = 10