--> Skip to main content

Santri Putri Adalah Calon Istri Idaman

Rasulullah SAW telah mengajarkan menikah itu merupakan ibadah. Menikah merupakan sunah nabi yang sangat dianjurkan pelaksanaanya bagi umat islam. Oleh sebab itu, Rasulullah SAW melarang kaum muslimin tidak menikah (membujang) dalam hidupnya.

Rasulullah SAW bersabda: "Nikah itu sunnahku, barang siapa yang tidak suka, bukan golonganku" [HR. Ibnu Majah, dari Aisyah r.a].

Sudah jelas dalam sabda Rasulullah SAW bahwa orang-orang yang sengaja tidak mau menikah maka ia bukan umat Nabi Muhammad SAW.

Banyak hikmah dan keistimewaan yang terkandung dalam pernikahan. Maka barang siapa yang mampu melaksanakan dengan sempurna, maka ia akan mendapatkan pahala yang besar. Hakikatnya menikah itu bukan hanya mencari kebahagiaan di dunia saja, melainkan juga untuk mendapatkan kebahagiaan di akherat.

Boleh saja jika setiap laki-laki memiliki harapan mendapatkan istri yang cantik, kaya, putih, pintar dan lain sebagainya. Namun perlu di ingat bahwa jika menginginkan pernikahan yang bisa mencapai kebahagiaan dunia dan akherat, maka yang terpenting adalah menikahi wanita karena agamanya.

Dengan demikian mengarahkan pilihan untuk mempersunting santri putri sebagai calon istri, bisa menjadikan jalan bagi kaum lak-laki untuk mencapai apa yang dinamakan kebahagiaan dunia dan akherat. Hal ini karena santri putri memiliki beberapa kriteria sebagai calon istri idaman. Berikut alasan-alasan mengapa santri putri menjadi calon istri idaman:

Rajin beribadah
Rasulullah SAW berpesan, " Nikahilah wanita yang kuat agamanya, niscaya kau beruntung" [HR Bukhari, Muslim, Abu Daud, An Nasai]

Berdasarkan hadist tersebut, dapat kita simpulkan bahwa mencari istri yang alim dan sholehah itu adalah sebuah keharusan.

Seorang santri putri pastinya sudah mendapatkan bekal ilmu-ilmu agama di pesantrennya. Mereka sudah terbiasa melaksanakan ibadah-ibadah lainya. Nah, tipe wanita seperti inilah yang sangat layak di jadikan istri idaman.

Pintar mengaji
Apakah santri putri pinter ngaji?
Jawabannya sudah pasti iya, karena setiap hari mereka pasti mengaji. Seperi ngaji Al Qur'an, kitab kuning, dan kitab-kitab lainya. Mempuanyai istri yang pinter ngaji dan paham agama pasti banyak kelebihan positifnya.

Ada sebuah ungkapan "Ibu adalah madrasah pertama dan paling utama bagi anak". Jadi, jika kamu memiliki istri seorang yang pinter ngaji, maka itu adalah suatu keberuntungan dan anugrah yang sangat luar biasa, karena mereka bisa menjadi madrasah terbaik untuk anak-anak kamu kelak.

Membawa kebahagiaan
Rasulullah SAW bersabda: Empat perkara termasuk dari kebahagiaan, yaitu wanita (istri) yang shalihah, tempat tinggal yang luas / lapang, tetangga yang shalih, dan tunggangan (kendaraan) yang nyaman. dan empat perkara yang merupakan kesengsaraan yaitu tetangga yang jelek, istri yang jelek (tidak shalihah), kendaraan yang tidak nyaman, dan tempat tinggal yang sempit. [HR. Ibnu Hibban]

Rasulullah SAW sudah berpesan bahwa salah satu kebahagiaan adalah memiliki istri yang shalihah. Istri yang shalihah pastinya akan selalu taat kepada suami dan akan selalu berusaha membahagiakan suami. Santri puti itu ya seperti itu juga.





Jika ingin mencari calon istri yang penuh kesederhanaan, maka santri putri adalah pilihan yang tepat. Karena setiap santri putri pasti sudah sanagat terbiasa dengan hidup sederhana saat di pesantren. Mereka sudah tentu akan ikhlas menerima dan bersyukur atas apa yang dimiliki. Mereka juga siap di ajak hidup susah dan berjuang bersama.

Kurang membawa kebahagia bagaimana coba? Diajak susah senang tidak menjadi masalah bagi mereka.

Namun perlu di ingat, lelaki yang sejati tidak akan pernah memiliki pemikiran akan mengajak istrinya hidup susah, dia pasti akan berusaha untuk membuat kehidupan rumah tangganya berkecukupan tanpa ada kekurangan.

Mandiri
Cuci baju, strika dan semua urusan rumah tangga pastinya santri putri bisa melakukannya, karena mereka di didik untuk hidup mandiri. Tidak salah jika memilih santri putri menjadi istri, karena dia akan hidup mandiri mampu mengerjakan urusan rumah tangganya. Idaman kan?

Mempunyai sifat keibuan
Salah satu hal yang penting adalah seorang istri harus mempunyai sifat keibuan. Pastinya seorang santri putri itu lebih bersikap dewasa dan keibuan. Jadi sudah tidak perlu takut/khawatir lagi mereka tidak bisa mengurusi anak-anak kamu ya.





Pintar mengatur waktu
Kehidupan di pesantren itu sangat padat, banyak sekali kegiatan mengaji yang di lakukan namun santri putri bisa mengatur waktu dengan baik, sehingga masih sempat untuk mengerjakan kegiatan yang lain.





Demikian beberapa alasan mengapa seorang santri putri adalah pilihan terbaik dan tetntunya sangat layak dijadikan istri idaman. Saya kira anda sudah tidak ragu untuk memilih dan menjadikan santri putri menjadi calon istri idaman. Semoga kamu bisa mendapatkan dan menikahi sabtri putri pujaan hatimu. Amin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar