--> Skip to main content

Merasa Cepat Kenyang dan Cepat Lapar

Normalkah apabila dalam suatu kondisi saya terkadang merasa teramat lapar namun setelah menemukan makanan yang bisa dimakanan, makanan tersebut tidak saya habiskan karena tiba-tiba saya meras kenyang?

Atau jika saya menghabiskan makanan tersebut saya merasa laparnya lama, normalkah kondisi tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut akhirnya saya melakuakan penelusuran di dunia maya. Karena tidak mungkin jam saya keperpustakaan atau menanyakan langsung kedokter. Saya membaca di situs alodokter dot com yang tentunya situs ini sangat terpercaya, karena saya sudah membuktikan dan saya juga sering bertanya di situs tersebut dan tentunya saya memperoleh jawaban atas pertanyaan yang saya tanyakan.

Kembali ke topik pembahasan, "Merasa Cepat Kenyang dan Cepat Lapar" wajarkah? atau normalkah kondisi tersebut?

Menurut diagnosis dokter Muhammad Fadhil apabila kadang-kadang merasa cepat lapar ataupun cepat kenyang merupakan suatu kondisi yang normal. Ketika makan, selain faktor jenis makanan dan porsinya, faktor lain seperti pikiran, stamina, kebugaran hingga stres juga berperan dalam hal lapar dan kenyangnya seseorang. Suatu waktu bisa saja orang yang dalam kondisi fit dan tidak ada beban pikiran (tidak stres) makanya lebih banyak ketimbang yang lemas dan banyak pikiran (stres), atau bahkan sebaliknya. Selama tidak ada keluhan lain seperti muntah, mual dan nyeri perut maka Anda tidak perlu khawatir.

Pada saat waktu dimana anda merasa cepat kenyang namun juga di ikuti dengan keluhan lain seperti mual dan muntah, kondisi ini mungkin disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti:
  • Penyakit asam lambung naik (GERD)
    Penyakit asam lambung disebabkan karena kondisi asam lambung tinggi diakibatkan karena asam lambung naik menuju ke kerongkongan atau esofagus yang pada akhirnya menimbulkan rasa nyeri pada ulu hati atau adanya rasa sensasi seperti terbakar pada bagian dada.
  • Gastroparesis (gangguan pengosongan lambug)
    Adalah kondisi dimana pergerakan spontan (mobilitas) otot lambbung tidak berjalan dengan semestinya.

    Dalam keadaan umum makanan didorong oleh kontraksi otot sepanjang saluran pencernaan. Pada penderita gastroparesis, mobilitas lambung tidak berjalan dengan sempurna atau bahkan tidak berjalan sama sekali, sehingga menghambat proses pengkosongan lambung. Hal ini tentunya akan mengganggu proses pencernaan secara keseluruhan, yang kemudian mengakibatkan gangguan nutrisi, masalah gula darah dan sebagainya.
Adapun apabila Anda merasa cepat lapar, ada juga beberapa penyakit yang menyebabkan keluhan ini, misalnya penyakit:
  • Cacingan
  • Diabetes
Seandainya anda merasa tidak nyaman dengan keluhan keluhan ini, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh dan memberikan terapi jika memang ada penyakit yang sedang di derita.

Semoga bermanfaat.
Salam Syahdu
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar