--> Skip to main content

Manfaat cabai bagi kesehatan

Berbahagia lah anda yang berprinsip tiada hari tanpa makanan yang pedas, karena kegemaran ini bisa berbuah manis bagi kesehatan anda. Rasa pedas di lidah bukan hanya efektif menambah nafsu makan, tetapi berkhasiat mengatasi sejumlah keluhan penyakit.

Selama berabad-abad, cabai telah digunakan sebagai obat peradangan serta melancarkan sirkulasi darah. Faktanya, dengan darah yang mengalir lebih cepat menggantikan sel-sel yang rusak dan juga mengeluarkan toksin dari tubuh.





Tentusaja makanan pedas ini harus dikonsumsi secara bijaksana, terutama jika Anda memiliki perut yang sensitif atau tidak bisa menoleransi makanan pedas. Berdasarkan penelitian, cabai dan makanan pedas memiliki banyak khasiat, berikut ini diantaranya:
  1. Menurunkan berat badan
    Cabai mengandung capsaicin yang akan mempercepat metabilisme dan ini terjadi karena capsaicin meningkatkan temperatur tubuh dan berperan dalam meningkatkan detak jantung. Lebih jauh, studi menunjukan orang yang hobi makan pedas biasanya makan dalam porsi sedikit sehingga berat badan lebih terjaga.
  2. Menyehatkan jantung
    Cabai juga dapat menyehatkan jantung yaitu dengan cara mencegah pembentukan darah. Penelitian juga menunjukkan kadar kolesterol jahat / LDL bisa mencegah oksidasi yang bisa menyebabkan penyumbatan pembulu darah. Capsaicin juga efektif melawan inflamasi, yang telah di identifikasi sebagai faktor resiko penyakit jantung.
  3. Melancarkan sirkulasi
    Makanan pedas akan melancarkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah. Cabai juga membantu menguatkan dinding pembulu darah karena kandungan vitamin A dan vitamin C-nya.

  4. Antikangker
    Banyak penelitian yang menunjukkan konsumsi teratur makanan pedas akan mengurangi resiko kangker. Capsacin akan memperlambat pertumbuhan sel kangker dan pada banyak kasus sel-sel kangker mati tanpa merusak sel sehat di sekitarnya.
  5. Meningkatkan fungsi cernaManfaat cabai dalam saluran cerna adalah meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan musku. Capsaicin juga membantu membunuh bakteri H.pylori penyebab sakit maag. Akan tetapi jika anda mengalami heart burn (rasa panas) setelah makan makanan pedas cobalah tablet antiacid yang akan menetralisir asam dilambung.
  6. Flu
    Capsaicin membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu. Makanan pedas juga akan membantu membuka jalan nafas, mengurangi sinusitis, dan gejala flu lainya.
  7. Tidur tidak nyenyak
    Penelitian dari Australia menemukan bahwa orang yang sering mengkonsumsi makanan pedas lebih mudah tidur. Mereka cenderung bangun lebih pagi dan lebih segar.
  8. Menjaga Mood
    Cabai merah meningkatkan level endorfin dan serotonin yang menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman. hormon ini bisa berlaku pelawan stres dan depresi.
  9. Melancarkan pernafasan
    Makanan pedas bertindak seperti ekspetoran dan membantu penderita asma, bronkitis kronik, sinusitis, dan penyakit pernafasan lainya.
 Jadi begitu banyak manfaat dari cabai/makanan yang pedas. Namun, tetap harus di ingat bahwa jika kita mengkonsumsi apapun yang berlebihan tentunya akan tetap memiliki efek buruk bagi kesehatan tubuh.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar