--> Skip to main content

Guru Kencleng Mendadak Viral

Saya tidak akan pernah menyebut sekolah mana dan siapa gurunya yang memviralkan kata kencleng tersebut. Yang pasti kata kencleng ini dibawa dan di viralkan oleh mahasiswa magang universitas swasta di daerah Purworejo.

Akrabnya, kata kencleng ini digunakan untuk bahan becanda (lelucon), dengan mengatakan “kamu kencleng” atau “kamu guru kencleng” dan lain sebagainya. Tapi bisa di pastikan, penggunaan kata kencleng ini bukan untuk membuli. Yang lebih lucu lagi, ternyata tak seorang pun yang tahu apa arti kencleng tersebut.

Kencleng, kencleng dan kencleng. Sampai-sampai saya penasaran dengan kata tersebut. Akhirnya sangking penasarannya saya mencari definisi dari kata kencleng tersebut.

Menurut dari beberapa sumber yang saya baca, kencleng adalah sebuah istilah bahasa sederhana dari celengan kaleng yang berbentuk lonjong, sehingga apabila dimasukkan uang logaman maka akan berbunyi kencreng.

Lalu menurut Kamus Besar Bahasa indonesia, kencleng adalah tiruan bunyi uang logam yang dijatuhkan kedalam kaleng.

Berdasarkan pengertian diatas, saya menyimpulkan bahwa kencleng adalah istilah dari tempatnya, sedangkan kencreng adalah istilah dari bunyinya.

Setelah saya mengetahui definisi dan akhirnya saya menyimpulkan kata kencleng tersebut, maka menjadi lucu sekali apabila guru atau mahasiswa magang di katakan kencleng. Jika di katakan “kamu kencleng” maka itu artinya kamu tempat menabung (bendahara, teller bank, dll). Lalu lucunya dimana? Lucunya yang jelas di penggunaan kata kencleng yang tidak tahu artinya.
haha

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar